Desentisisasi Kecoax

Baca blognya mb Erlia tentang kecoak, eke jadi kebayang-bayang sendiri pengalaman gue tentang kecoak…dari trauma jadi suka..eh bohong dink! hakshaks, bukan suka…jadi apatis lebih tepatnya. Kok judulnya desentisisasi? emang apaan tuh? kalo mau tau lebih baik kita baca skenario dibawah

so, here go the story…true story loh ini, sungguh!

Pas kecil, kayaknya biasa aja tuh sama kecoak…yaaaa paling geli-geli dikit yah ngeliat sungut sama badannya yang berkilat-kilat bak naomi campbell abis pake lotion *tampar diri sendiri karena lebay* sampe akhirnya pada suatu hari…ada kecoa yg nekat banget lari ke arah eke, eke udah berdiri (mau nakut-nakutin maksudnya pake ukuran badan) ternyata dia tetep loh persisten dan merangkak ke dalam celana eke, shootttt!!! trauma langsung.’

Traumanya ya mirip-mirip lah sama yang lain…kalo liat kecoa langsung jejeritan. Pernah tuh suatu hari mandi, trus di tembok diatas pintu ada kecoa parkir donk, ga ada tanda-tanda gerak, cm sungutnya aja gerak-gerak. yang tadinya eke mau berlama-lama, jd mandi kilat dan mata eke ga lepasin pandangan dari si kecoa, cuman mandi aja kok kayaknya nelangsa gitu yah.

Nyokap. Tjanggih loh nyokap eke soal bunuhin kecoa. Suatu hari seperti biasa eke liat kecoa dan jejeritan minta tolong untuk bunuhin kecoa. datenglah nyokap nyeker, pas si kecoa lari ke arah nyokap…NYEK! diinjek donk sama nyokap pake kaki, telanjang kaki sodara sodara! mantaph ga tuh mwahahahaa. itu sekelumit pengalaman jaman dulu

eits, masih ada lagi lohh

Nah, kapan itu eke pindah jakarta untuk kerja dan tinggal sama kk laki-laki eke yg sering gw panggil “nyongkih-monyong mongki”. he is literaraly monyet monyong *disambitnyongki*, soalnya pas eke pindah, kamarnya asli…gudang aja kalah. baju bertebaran, komik, kertas, CD bertebaran. pas eke beresink donk, eke sampe nemu 7 kerangka kecoak yang uda mati. bisa bayangin joroknya kan? kecoa yang katanya binatang jorok aja sampe mati.

nah, rumah si nyongki ini juga rumah tuwir…jadi ya penghuni selain 2 manusia biadap ini ya banyak yang lain, salah satunya ya kecoa. banyak kali loh kecoanya, dan ampir tiap hari diajak sport jantung. jadi disinilah proses desentisisasi dimulai :

minggu pertama jejeritan ga berhenti, jerit-jerit panggil nyongki buat bunuh si kecoa

Minggu kedua teriak kecil, masih panggil si nyongki

Bulan pertama teriak kaget doank, tp uda bisa lempar sandal

Bulan kedua kaget dikit, udah bisa pukul pake sapu, ditumpuk sendal, dll

Bulan ketiga uda apatis…kalo ketemu kecoak dengan sigap ambil baygon dan langsung semprot tanpa ba-bi-bu

jadi, desentisisasi adalah salah satu psychological behaviour modification, dimana prosesnya dimulai dari sedikit demi sedikit dipaparkan ke objek yang membuat takut, sampe akhirnya kita bisa merubah persepsi kita mengenai “bahaya” objek tersebut. Jadi disini, eke kepapar terus tuh sama kecoa, tiap hari liat kecoa, bahkan pernah pas buka lemari (yang kayaknya ga pernah dibuka gitu), belasan kecoa keluar donk.. T_____T tapi yaaa malah abis itu jadi biasa aja. trus eke juga tambah PD pas tau kalo beberapa obat nyamuk di pasaran ada yg bisa bunuh kecoa juga, sekali semprot, tu kecoak kepleset-pleset trus badannya kebalik, terus kejet-kejet gitu alias menggelepar-menggelepar trus..trus *dikeplak emb soalnya makin sadis*

jadi begitulah cerita saiaaaaa, ada yang berani coba cara yang sama? hihihihiiii

 

 

Advertisements

8 thoughts on “Desentisisasi Kecoax

    • nah…kaki seribu kelabang itu bukan mba? kalo itu masih aku masih trauma, naik kursi jarak 3meter, jejeritan, trus kl uda rasanya ky nempel dibadan gt mwahahaha

  1. wah pagi-pagi mampir kesini dapet kosakata baru, desentisisasi, makasi ya sahabat untari 🙂
    salam kenal, saya jadi tau arti kata desentisisasi 🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s