(try to) Understand Singlish

Yaaa…pasti udah pada tau kan singlish? ho oh, itu bahasa inggrisnya orang singapore yang ada campurannya logat mandarin, yang kata orang susah banget buat dimengerti.

Jadi, loe ngerti kalo orang ngomong singlish? ishh, udah pasti donkkkk, udah pasti ga ngertinya ahahahaha *nanya sendiri jawab sendiri – bodoh mode on*.

Bahasa inggris gue terus terang se-ble-ek bahasa jawa gue. Dimana bahasa indonesia gue pun juga ga bagus-bagus banget (secara raport dari SD paling mentok 7, itupun udah ngos-ngosan belajarnya). Ndengerin orang ngomong inggris amerika atau british, bisalah ketangkep hampir 50%. kalo singlish? nangkep 10% udah bersyukur banget. Berkat ke-sotoy-an gue, terlahirlah beberapa kejadian yang…ya tidak bisa dibanggakan yah mwahahahhaa. Gara-gara ini juga sering digodain emb, sering dia bilang “pasti kamu ga ngerti dia ngomong apaan?”, tanpa ragu, tanpa malu-malu diriku menjawab “ho oh, gak ngerti blazzzz”

ini beberapa kejadian ketidakmudengan gue akan singlish:

1. Gue lagi jalan di Parkway Parade, nyari-nyari hawker centre dan nyari makanan yang murah (mau hemat gitu ceritanya). Ketemulah sama bubur ayam yang gambarnya menarik, apesnya pilihannya semua bahasa mandarin gitu, cuma ada harganya (jadi taulah ya kalo itu murah). Pesenlah gue

Me : “One Porridge Please”

Aunty : “Withornot?” –> yang kedengeran sama gue

Me : (dalam hati : heekk, ngomong apaaa diaaa) “Yes Please!” *mantep jawabnya)

Trus di Aunty keluarin mangkok, mecahin telor mentah dan menuang bubur di mangkok itu. Di saat yang bersamaan, gue berdoa dalam hati semoga itu bukan pesenan gue. Yak! ternyata doa gue ga dikabulin sodara-sodara, dan bubur dengan telor mentah itu emang ternyata pesenan gue. Gue makan sambil menahan sedih, dan sambil dilema, aduk-ga-aduk-ga. Setelah makan 3 sendok, gue menguatkan diri ngaduk semua, jadinya gue tambah sedih, karena waktu nyicip dikit, gue udah mau muntah *hueee nangis kejer*. Pas cerita sama emb, dia bilang si aunty itu nanyanya pasti “with egg or not” yang dicapkan dengan cepat. *tambah nangis kejer*

2. Gue mau beli prepaid singtel di 7-eleven. Dengan pede gue bilang ke cashier-nya :

Me : ” I wanna buy, $10 prepaid singtel”

Cash : “What kind of card”

Me : “Prepaid-prepaid”

cash : ” No..no do you use…bla bla right? so what kind bla bla use?” (kalo bla-bla berarti gue ga nangkep yah dia ngomong apa mwahhahaa)

Me : “Sorry?” (cashiernya jelasin lagi dan gue tetep ga ngerti)

Cash : “From where are you come from?”

Me : “indonesia”

Cash : “Jadi kan disini ada 3, Singtel, Starhub, sama M1, kamu pake yang mana?’ (applaus! bisa loh doi lancar ngomong indonesia, mungkin dari Malaysia dia)

Me : “singtel” *jambak-jambak rambut-tapi muka tetep oon*

Pas cerita sama emb, dia bilang kalo singtel emang ada beberapa macem, regular atau normal top up buat ngisi  nomer hengpong, ada juga international calling card. tapi pas gue ceritain si kasir nyebutin 3 provider itu, si emb juga bingung kaya gue mwahahahaa.

3. Pagi-pagi bosnya emb ngasih makanan buat kita, yang menurut gue rasanya ajiiibbb banget ga enaknya mwahahahhaa. siang-siang ketemulah sama si bosnya

Bos : “hei, blah-blah-and de blah, and de bleh” (parah banget, cuma nangkep hei-nya -_-)

Me : “sorry?” *mukanya bloom”

Boss : “yea what..blah blah and de blah, this morning blah blah” (mayan kan nangkep 4 kata mwahahha)

Me : (tau gue yang dimaksud doi) “Yeah it was great! thank you!”

Bos : “haaa…great ah!”

Me : “Yes! taste good!”

Si emb nyamperin, trus bilang “Pasti ngertinya cuma gara-gara kata morning-nya yaa?” sambil ketawa-ketawa gitu, siauuulllll *cubit emb pake tang* mwahahahhaaa, tapi memang gitu sih kenyataannya

banyak sih kejadian-kejadian kaya gitu…tapi dikit ajah ah ceritanya…kan malu mwahahahaa

 

6 thoughts on “(try to) Understand Singlish

Leave a Reply

