SoyAsoy

Di Singapura, makanan ini lagi banyak banget penggemarnya, yang terkenal banget tu (katanya ya) toko namanya Lao Ban, cuma gue sendiri belom pernah ngerasain sih si Lao Ban ini. Menurut beberapa blog yang nge-review, yang antri di Lao Ban ini bisa 20-an orang dan sekali beli pada banyak bisa 5-10 pack, gile ga tuh? Gue sama emb juga demen banget sama snack ini.

Dasarnya gue istri medit yah, jadi sayang gitu ngeluarin hepeng +/- S$1.50 buat 1 kontainer silky beancurd berukuran diameter 10cm, berdua kan udah abis S$3.00, yaelah duit segitu doank mpe dikekep, tp kl ga gitu ga kaya-kaya donk gue ntar mwahahahahaa *lebay*

Oh ya, Silky Beancurd ini sejenis puding tapi yang lembut banget gitu, sampe bisa disruput. Bahan dasarnya ya kedelay. Gue akhirnya browsing dan menemukan resep ala gue ini. Lumayan loh buat cemilan sehat dan murah ini *medit.com*

Silky Beancurd

Silky Beancurd – Keliatan ga kalo sendoknya kaya mo tenggelam? mwahahahaa

Bahan :

500 ml Susu Kedelai cair (bisa yang karton, cuma lebih enak kalo yang asli homemade)

30gr susu bubuk kedelai instant

30gr creamer bubuk

Gula sesuai selera

2 sdt Jelly Powder (jangan bubuk konyaku, ntar keras dan jangan gelatin, jadinya kaya krim padet)

Cara membuat : 

1. Panaskan susu kedelai, apinya kecil aja. Pas udah anget dimasukin susu kedelai bubuk sama creamernya

2. Terus masukin gula dilanjutkan dengan Jelly powdernya

3. Aduk terus, tapi jangan sampe mendidih ya. Voila! jadi dewwhh, gampang yah 😀

4. Masukin ke kulkas dulu ya biar agak beku, kalo pas dingin jauh lebih enak 😀

Porsi : 2-3 orang di kontainer diameter 10cm, bisa lebih kalo wadahnya kecil-kecil

Kalo sukses harusnya kaya gini :

Silky

Keliatan silky gak?

Guampang deh pokoknya, 10 menit jadi 😀

Resep diambil dari Internet yah disini sama disini, gue ga secanggih itu nemuin sendiri resepnya mwahahaa 😀

UPDATE :

Ada cara lebih gampang lagi yang gue temuin. Bahan : 1 kotak soymilk 250ml (apa aja sesuai selera yah) plus 1 sendok teh Jelly powder. Caranya : Campurin semuanya jadi satu, masak sampe hampir mendidih. Voila, Jadi deh! 😀

Note : Jelly powder-nya penting yah, mungkin harus coba-coba dengan berbagai merk sih. Gue pernah coba pake yg Indonesia (agar-agar wallet atau sriti) tapi dia ga bisa silky meskipun cukup lembut.

37 thoughts on “SoyAsoy

    • Kalo doyan soy milk pasti suka deh mba. Kalo bubuk kedelai sih ga harus cuma dia agak memperkuat rasa aja (soalnya kalo homemade soy milk kadang kan encer tuh). Cuma jelly powdernya sih mba yang penting 😀

  1. Hii, saya mau tanya susu bubuk kedelai instant, creamer bubuk sm jelly powdernya beli di mana ya, ada yg jual gak di Indonesia. Karena sebelum nya saya ada coba buat cuman gak bisa silk hasilnya gak sama dengan yg saya pernah makan karena itu saya coba cari2 di internet. Makasih udh bagi2 cara membuat puding soyanya karena saya penasaran banget kenapa hasihnya gak sama dgn yg saya pernah makan. Tolong dong kasih tau dimana saya bisa dapet bahan2 yg kamu bilang di atas. (ʃƪ´⌣`)τнäиκ чöü.

    • Hai, kalo powdernya sayangnya ga ada di Indonesia (nggak pernah nemu lebih tepatnya), adanya di singapore 🙂 Saya udah coba pake bubuk jelly powder apa agar2 sayangnya ga akan bs silky gt hihihi
      Kalo soya powder bs diganti merk lain krn ga terlalu mempengaruhi textur ya cuma rasa aja, tp merk yg saya pake skrg udah ada kok di carefour 🙂
      Semoga membantu ya

    • bahan-bahan yang digambar kalo di Indonesia nggak ada mba (kecuali krimernya, lainnya belum nemu juga sih sampe saat ini hihi). Kalo di singapore banyak, khususnya di giant di bagian jelly-jelly powder, unisoy nya juga di bagian susu

  2. hai.. aku mau nanya..
    kemarin aku bikin pakai susu kedelai yg di jual di pasaran plus creamer sama jelly bubuk merk nutrij*ll
    hasilnya :
    1. creamernya menggumpal padet gitu di bawah pas d panasin, kenapa gitu ya? padahal sdh diaduk terus gak berhenti. dan sebelum masukin creamernya, sudah aku cairin di tambah susunya yg panas.
    2. kurang soft -> kayaknya gara2 bubuk jellynya gak pas ya?
    3. kalau di foto di blog ini kan warnanya soft bersih jernih ya, tapi aku punya kok rada bintik2 ya?
    mohon pencerahannya 😀

    • Hai, Maaf ya reply nya lama
      Aku bantu jawab satu-satu ya :
      1. Kemungkinan besar apinya kegedean, dan begitu buih di samping muncul langsung dimatiin.
      2. Kalo kurang soft, bs dikurangin, jd 500 ml cm setengah sdt. Dan terus terang kl oake merk itu emang begitu mba 🙂
      3. Bintik-bintik ini kayaknya juga karena kepanasan mb

      Selamat mencoba lagi 😀

  3. hai, aku mau tanya barusan kan aku coba praktekin aku pak 2sdt jelly powdernya merk swall*w dan ternyata aku tuangin ke cup aku tunggu sampe dingin dia tetep cair ga bernentuk silk gt. itu knp ya? aku juga udah coba buat nambahin jelly powdernya cuma ttep kaya gitu. kira kira bisa kasih tau knp? dan kasih sarannya? makasih ^^

  4. Hai Mba. Kbetulan aku mau buat gara2 makan soyabeancurd merk Klaud’s di Kuningan City. Nyari2 resep beberapa, salah satunya resep Mba ini. Tks Mba.

  5. Mba mau nanya.. jelly powdernya yg bagus merk apa ya yg tersedia d indo? Belinya d mn? Red man ga ada ya d indo.. altrnatif lain merk apa ya mba? Makasiiii… 🙂

    • aku coba liat komposisi di instant jelly powder merk “red man”, gula dan carrageenan, mungkin bisa coba cari carrageenan, setahu aku di indonesia ada yg jual baik partai besar atau partai kecil,

  6. wahh seneng bgt.pas ketemu resep ini langsung coba bikin . krn dsn gk ada jelly powder ku pke nutrj** . pas jadi enak bgt silky gitu. pas masuk kemulut serasa ky meleleh . tp ku msh bingung krn tampilannya kok bintik2? .. tlng ksh saran ny dong

  7. Slm knl.. say q mau tanya ni altenatif pengganti jelly powder’y apa ya, setengah mati bikin bolak balik tp tak memuaskan. D batam cuma ada jelly powder merk KONYAKU sm JELLY POWDER COCONUT ????

Leave a Reply

