Tempe Goreng & Sambel Tempe

Eitss kayaknya gampang loh bikin ini, tapi kl ukurannya kurang pas, rasanya jadi kurang mantaph! Resep tempe goreng dan sambel tempe gue ini adalah resep dari nyokap, dan rasanya aselik mantaph! Emb aja kasih nilai gue 9/10 dimana makanan lain paling mentok cuma 8 (itupun cuma 1) sisanya 7 atau dibawah 7 malah haha πŸ˜€

Tempe Goreng

Tempe Goreng dan Sambel Tempe

Nah, kalo mau bikin sambel tempe harus bikin dulu tempe goreng-nya. Kalo tempe gorengnya udah enak, djamin sambel tempenya pasti endess πŸ˜€

Tempe Goreng :

Tempe dipotong kotak dan ditengah-tengahnya digaris-garis sampe tembus (biar nanti abis digoreng bumbunya lebih merata)

2 siung bawang putih yang agak besar

1/4 sdt ketumbar biji (kalo bubuk ga berasa nanti)

1/2 sdt garam (kalo gue tambah micin hihihihi tapi dikiittt banget, ga ada sepucuk sendok teh)

3-4sdm air

Caranya :

* Bumbu semua diuleg sampe lembut, dan dikasih air. Airnya sengaja dikit dan nanti jadinya kentel gitu.Β Note : Kalo dicicip rasanya asin, tempenya cuma enak buat ngemil tapi kurang pas buat lauk, tp kalo dicicip asin banget nanti baru pas buat jadi lauk setelah digoreng. Kalo bumbunya kentel dan bawangnya banyak nempel, nanti setelah mateng ada krius-krius dari serpihan bawangnya, enak deh πŸ˜€

* Tempenya cuma dicelup-celup sampe rata terus langsung goreng (jangan direndem atau dibiarin dulu, jadi asinan ntar πŸ˜€ )Β Note :Β  tempe itu setelah kuning kecoklatan langsung diangkat, soalnya dia begitu panas berkurang warnanya akan lebih gelap daripada pas digoreng.

Sambel Tempe :

1 siung bawang putih agak besar

3 cabe rawit, 2 cabe merah kriting (ini sesukanya yah, kl doyan pedes sih tambah aja rawitnya :D)

Garem sepucuk sendok teh aja (gue biasanya tambahin micin dikit banget ahahahaa πŸ˜€ )

Caranya :

Semua bumbu diuleg agak alus (tapi jangan alus-alus banget) trus tempenya diplenyet gitu, diaratain pake sendok aja , jadi deh πŸ˜€

Note :Β kalo nggak pake micin tetep enak kok, bener deh πŸ˜€

Advertisements

10 thoughts on “Tempe Goreng & Sambel Tempe

  1. Sayang belum ada persediaan tempe nih, jadi belum bisa praktek resepnya mbak

    foto tempenya mengoda banget, suamiku seneng sekali tempe digoreng begitu mbak, selama di sini aku amsalak juga tanpa micin mbak, enak juga

    • Iyaa mbaa, tempe goreng tuh emang ga ada matinya hihihihihii πŸ˜€ iya mba, lebih baik ga pake micin, selain tempe aku ga pernah pake micin mba hihihihiiii

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s