ROM (Register of Marriage)

Hari minggu lalu, tanggal 18 Februari, gue sama emb mengikuti prosesi pernikahan sipil temen kita di Gallery Hotel, Robinson Quay. Hotelnya imut deh, minimalis gituh tapi manis macem gue ginih *pembaca keselek duren* mwahahahaha.

Di Singapore, model nikah sipil ini biasa disingkat ROM atau Register of Marriage. Pas denger temen kita mau ROM, umumnya pada nanya, beda agama yah? Untuk kasus temen kita ini sih nggak. Mereka se-agama dan se-suku malah, tapi mereka memutuskan untuk ROM disini soalnya ga rempong, dan bisa langsung dilaksanain (proses-nya by phone dan e-mail doank) tanpa harus ada prosesi keagamaan (yang ternyata catatan sipil di Indonesia itu kalau nikah catatan sipil harus nikah agama dulu, baru tau gue). Tujuannya ROM supaya nanti kalo uda tercatat nikah, bisa diurusin Visa-nya untuk ke Australia (temen kita yang cowok kerja di Sydney). Jadi kalo nanti mereka uda nikah agama, bisa langsung boyong bini ke sono gitchu 😀

Nah, ada emang aneh-anehnya temen kita ini, mereka minta kami-kami (gue, emb, temen kita, sama istrinya temen kita) untuk memimpin doa, dibagi tugasnya. Si Emb kebagian doa pembuka edisi jawa ahahaha, jadilah dia nulis doa dan nelp bapak eke untuk diterjemahin jadi bahasa jawa. Tibalah hari H dan emb mimpin doa donk, dilanjutkan acara “i do” things dan tanda tangan. ROM-nya singkat banget, ga sampe 10 menit. Trus si pemimpin ROM-nya nanya “Are you not going to kiss your bride?”. Pengantin cowok nyium pengantin ceweknya, komen lagi si pemimpin ROM ini “Wht don’t you kiss in the lips?” dan penganten berdua ini uda malu aja getuh diliatin mak, pak, om, tantenya, yang kemudian kita serempak jawab “That’s Indonesian kiss” dan dia cuma ngangguk-ngangguk ahahahahahaa

Nah, pas acara mamam, gue sama emb duduk satu meja sama ibu dari mempelai perempuan, dan komennya pas ngeliat emb

“Oh orang jawa toh, tadi saya pikir orang india, trus saya kaget kok bisa ngomong jawanya bagus gitu, saya aja gak segitunya loh”

Yang gue langsung senggol-senggol emb sambil ngikik dan emb cuma senyum-seyum. Gue tau tuh mungkin emb ada sebelnya, soalnya dia ga suka sebenernya kalo dibilang kaya orang India, ya maap yah cintah, mukamu itu somehow kadang kayak orang india hihihihiii *dijitak emb*

a gift

a gift

Lucu ya kartunya, gue sama emb mikir berhubung baru ROM, gue ga mau kasih kado dulu, ntar aja kalo pas mereka Sakramen Pernikahan pas bulan Oktober besok.

Bride and Groom

The Bride and The Groom

Hey you, yes you, both of you! Gandengannya sampe maut memisahkan ya kakakkk 😀

5 thoughts on “ROM (Register of Marriage)

  1. Pingback: Honeymoon : Bali Aw! (bag 2) | Dancing The Dream

Leave a Reply

