Bubur Kacang Ijo

Pertama kali bikin ini, pake acara kelamaan ngerendem dan airnya kurang, berkecambahlah doi-doi ini jadi adolescent toge mwahahahaa :D, jadi pas masak tuh kecium dl bau togenya sebelum akhirnya bau kacang ijo. Tapi yang kedua akhirnya berhasil kok.

Burjo

Bubur Kacang Ijo

Bahan :

250 gr kacang ijo (direndam dulu pake air panas +/- 2 jam)

800ml air

1 Sdm gula jawa (gula malaka)

3-4 sdm gula pasir

1/2 sdt garam

3 lembar pandan

Kuah santan : 200ml santan kental + 1/4 sdt garam + 2 lembar pandan

Cara membuat :

1. Tiriskan kacang hijau, masukkan ke panci bersama air dan masak di api sedang sampai air menyusut

2. Kalo tekstur masih belum berubah tambahkan air lagi dan tunggu sampai air menyusut dan kacang ijo empuk dan agak ancur (kalo gue, sambil gue ancurin pake pengaduk biar lembut)

3. Kalo air udah mau abis, masukin gula jawa, gula pasir, garam, dan daun pandan, voila! jadi deh 😀

NOTE :  saat merendam, lebih cepet pake air panas, dan airnya lebih baik 2 kalinya jumlah si kacang ijo. Soalnya dia bersifat nyerap air, kalo airnya berlebih akan empuk, kalo airnya kurang, bagian yang nggak kena air akan mulai berkecambah

Advertisements

8 thoughts on “Bubur Kacang Ijo

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s