Kleptomania

Sering nggak denger kata klepto? kleptomania? Yang biasanya sering banget diasosiasikan sama orang yang ngambil barang dari supermarket. Tapi mungkin ada temen-temen yang belum tau bahwa Kleptomania itu jauh beda sama shoplifter.

Shoplifter. Ngambil barang dari toko atau supermarket. Barangnya bisa random suka-suka dia. Abis di maling, barangnya dia pakai atau dijual lagi. Jelas disini masuknya tindak pindana. Crime.

Kleptomania. Ngambil barang bisa dari toko atau supermarket. Barangnya biasanya specific. Abis di maling, barangnya gak dipake dan cuma ditimbun. Kleptomania melakukan jenis crime ini untuk dapet tension (adrenalin rush takut ketauan) yang bisa membuatnya meredakan anxiety atau kecemasan. Jelas disini adalah salah satu jenis gangguan kejiwaan ringan-sedang. 

Nah, contoh kleptomania nyata nih. Setahun atau dua tahun lalu, ibu gue cerita tentang salah seorang ART kita yang agak unik. Ibu gue bilang pas itu gue masih kecil, jadi mungkin nggak inget namanya dan wajahnya. Ibu gue cerita bahwa sabun sama pasta gigi yang di simpen sama nyokap gue ilang secara berkala saat itu. Sampai suatu hari, dia melihat ada tumpukan sabun san pasta gigi di kamar ART kami ini. Nyokap gue marah dan minta si ART pulang kampung aja karena nyuri. Takut kali ibu gue kalo nyurinya bakal ke yang gede-gede atau yang mahal. Gue tanya sama ibu gue, ada barang yang dipake? nggak katanya. Yang ilang apa? Ya cuma sabun sama odol. Oke, diagnosa awalnya adalah adanya kecenderungan kleptomania.

Unik yah? 😀 Dosen gue pernah cerita bahwa ada salah satu klien dia yang kleptomania juga. Barang yang dia ambil adalah sesuatu yang bentuknya kotak dan berwarna biru. Barangnya nggak dipake dan nggak dijual, cuma ditumpuk aja sampe banyak.

7 thoughts on “Kleptomania

  1. Hahahha lucu juga ART mu mbak, ko ngutilnya odol :D.
    Penderita kleptomania sadar ga sih pas dia ambil barang2 :D. Oh iya apakah leptomania bisa ditanggani dokter atau harus ada kesadaran dari disir sendiri untuk berubah (sembuh).

Leave a Reply

