NUS Museum & Balinese Art Performances

Gue kesini tanggal 2 April 2013 lalu, dan gue sendiri lupa kok ini ga gue tulis-tulis, padahal niat banget nulis haha 😀

Jadi pada hari itu, si emb whatsapp-in gue untuk jemput dia ke kantor. Emb bilang dia ada meeting kecil sama koleganya di NUS (National University of Singapore) sekaligus dapet undangan untuk nonton pertunjukan tentang bali. Gue tentu aja semangat abis, sambil nyiapin kamera untuk poto-poto. Gue bayanginnya pasti seru deh. Dan yang paling bikin semangat menggebu-gebu, ya karena pertunjukkannya gratuit, alias gratis! *dipentung emb-malumaluin*

Okeh, misi pertama jelas menjemput bapak besar dulu ke kantor, sambil minta dibeliin jajan haha :D. Trus naek bis dari kantor emb menuju NUS. Sampai sana masih jam setengah 7 kali ya, lupa-lupa inget gue, trus jalan menuju gedung pertunjukan pake acara tersesat mengingat mapping emb ini agak tidak bisa diharapkan. Ternyata kita sih ga tersesat-sesat amat, karena NUS ini punya culture building sendiri. Masih ada waktu sekitar 45 menit sebelum pertunjukan dimulai, akhirnya kita iseng deh masuk ke museum-nya (di gedung yang sama).

Mata gue langsung berbinar-binar saat tau kalo museum ini…GRATIS! mwahahaha *demen amat yak ama yang gretongan*. Udah gitu pak petugasnya ramah banget ngasih petunjuk, ngasih bantuan, ngasih brosur-brosur pula. Oke sip, gue dan emb pun langsung menuju ke museumnya dan gue tersepona deh. Bersih dan rapih. Meskipun kecil dan jiwa seni gue yang ndlosor ini tidak bisa diharapkan untuk mencerna sebuah seni haha 😀

NUS1Gue nggak tau ini apaan, secara ga gue baca hahaha, sibuk poto-potoin doank *self keplak*

Tapi bentuknya unik yah 😀

IMG_0239Ini Gue juga ga tau apaan hahahaa 😀 Cuma menurut gue ini bagus gituh.

Unik tapi cakep 😀

IMG_0236Ini gambar-gambar cerita sejarah sama tempat-tempat gitu deh. Duh maaf banget yah, gue juga kagak baca keterangannya.

Once again, i’m too busy taking pictures hihihihii

NUS2Nah yang diatas itu kulit gajah. Kasian yah 😦

Kalo yang bawah itu mungkin sebangsa dinosaurus atau kawan si komo mungkin mwahahaa 😀

NUS5Ini bagian yang lain. Isinya kayu-kayu dengan bentuk aneh kaya foto diatas ini.

Gue sungguh nggak ngerti jenis seni yang ini haha 😀

Jadi begtulah sekilas tentang museumnya. Kita cuma muter-muter ga sampe 30 menit. Lebih banyak buat foto-foto dan terkagum-kagum aja haha 😀

Trus kita jalan lagi ke gedung sebelahnya buat nonton pertunjukan kebudayaan bali. Isinya mulai dari menabuh gamelan, tari pendet, dan tari topeng. Kalo tari pendet udah pada tau lah ya, kalo tari topeng mungkin masih ada yang asing. Gue malah baru kali pertama nonton tari ini, dan akuuu sukaa!

NUS6

Si tari topeng ini menceritakan tentang seorang pria yang centil gitu deh hihiii, sukanya goda-godain, tapi dia sendiri pemalu-pemalu genit gitu mwahaha 😀

Oh ya, yang paling menarik dari pertunjukan ini adalah, dibawakan oleh orang-orang non bali loh! Bahkan si penari topeng inipun seorang bule. Kalo penari pendetnya orang bali dan pelatihnya juga orang bali. Ini dia personelnya :

NUS 7

Aku suka sekali! 😀

8 thoughts on “NUS Museum & Balinese Art Performances

Leave a Reply

