Takdir Menjadi Seorang Supir

Siapa yang takdirnya jadi supir? *tunjuk idung sendiri dengan muka memelas*

Baca postingan Ibu cantik ini, jadi flashback pengalaman nyetir.

Kembali ke tahun 2001, gue belajar motor. beberapa tahun setelahnya udah sok-sok-an naek motor di turunan tanpa rem, dan berhasil ngebut sambil lepas tangan, udah macam pemain sirkus kacangan.

Tahun 2007 dipaksa bapak buat belajar nyetir, alesannya jitu, “Bapak udah tua, masak bapak terus yang nyetirin kamu?”. Anak yang berbakti ini langsung lah daftar les mobil, intensif selama 5 hari. Anak yang berbakti ini ternyata ketemu dengan pelatih yang tidak berbakti pada kegaulauan anak bimbingnya, sadis bok!

Tahun 2007 kan gue masih tinggal di Semarang, bagi yang pernah mampir ke ke kota ini, jalannya sebenarnya cukup tidak manusiawi bagi orang-orang yang baru belajar, khususnya belajar nyetir mobil. Gimana mau manusiawi, lha wong jalannya cuma tanjakan sama turunnan aja di hampir semua tempat. Jadi ya begitu, gue belajar nyetir di medan yang bohai liukannya ini. Fyi, saya naek mobil butut tahun 1988 yang steering by power ya bukannya power steering kaya jaman sekarang haha :D. Dan titah bokap kala itu, dilarang copot alas kaki apapun. Jadi sampe sekarang ya gue bisa nyetir pake alas kaki apa aja,

Hari 1 :  Langsung ngapalin mindahin gigi, gigi 1 sama 2 jalan pelan dalam kompleks

Hari 2 : Diajarin prinsip di tanjakan sebentar, langsung dibawa ke tempat tanjakan yang cukup terjal. Pak pelatih tiba-tiba turun dan ngomong “Kamu ngikutin saya dari belakang ya, jangan sampe mundur, awas lho kalo sampe saya ditabrak!” Ya gitu deh, sambil kaki gemeteran, daku harus nyetir di tanjakan dibelakang pak pelatih yang melenggang cantik sambil menikmati udara, sesekali dia berhenti cuma buat ngambil batu, ho oh batu teman teman!! Kalo ga ya berhenti buat nyabut rumput -____-

Hari ke 3 : Dibawa ke tempat terjal lainnya, yang kanan kirinya sawah yang 1-2 meter lebih rendah, jalannya sempit, dan sering papasan. Kalo ga presisi pas papasan ya tinggal nyemplung ke sawah, maen sama kerbau

hari ke 4 : Dibawa muter ke tempat paling rusuh dan macet di semarang (daerah deket bandeng Juwana) pas jam sibuk. Kaki udah gemeteran. Grogi, takut, capek jadi 1

Hari ke 5 : kebut-kebutan di jalan pedesaan haha 😀

Tapi ya, saya bersyukur loh, saya jadi cepet bisa, dan bahkan di tanjakan saya cukup oke, tanpa melewati fase mundur segala. langsung nyetir abis itu? jelas nggak, rasa takut mengalahkan segalanya hahaha, sampai pada suatu hari pas di Solo,  Ibu mengeluh bahwa beliau udah lama ga ngunjungin kakek. Karena kangen dan kasihan, setuju nyetirin Ibu ke Klaten naek mobil bapak setelah setahun nggak nyetir. Ibu hebat loh, ga panik disetirin anaknya, santai banget, bahkan ngasih semangat terus. Tapi ya itu, takdir jadi supir dimulai haha 😀

Katanya gue kaya laki-laki kalo nyetir, sering bisa parkir sekali jadi (nggak perlu maju mundur berulang kali). Saking gayanya kaya laki-laki, sering tukang parkir sering salah manggil saya Pak, Mas, kadang Om -___-. Emb bisa nyetir tapi perhitungan banget pas nyetir, safety abis pokoknya. Jadi kalo pas waktu mepet, udah pasti tugas nyetir dilimpahkan ke gue haha. Emb sendiri kayaknya lebih suka gue yang nyetir secara lebih cepet sampe, jadi kadang gue suka diiming-imingin jajan atau beli sesuatu yang akhirnya gue iyakan untuk nyetir *muree haha*

Jadi ya gitu deh, dimanapun gue seringnya jadi supir. Mau laki-laki semua seringnya gue juga yang nyetir. Mau pake baju pesta pun gue bisa-bisa aja nyetir. Gue juga bisa nyetir pake high heels haha, cuma pendapat pribadi, nyetir ini ga aman banget, apalagi kalo sepatunya wedges *anak TK tau kale, ditiban sampe mejret*

Ada satu nasehat bokap yang selalu gue inget “supir yang baik itu adalah supir yang saat nge-rem, penumpangnya ga kerasa kalo mobilnya baru di-rem (gak maju-maju gt loh badannya)” dan emang sih, sopir yang bisa gini gue buktiin sendiri emang supir yang nyaman banget. Oh iya, fyi, gw sekarang kl nyetir lebih banyak matic aww abis males Jakarta macet banget hihihi. Kalo transportasi umum aman, gue jauh lbh suka naek bus loh sebenernya. Guepun baru naek mobil setelah banyak kasus pemerkosaan di angkot beberapa tahun lalu.

Gitu deh pengalaman menyetirnya haha

Advertisements

5 thoughts on “Takdir Menjadi Seorang Supir

  1. astagaaa Ri.. itu pelatih kursusnya edaaaan. Nekad benerrr jalan di depanmu pas lagi di tanjakan gituuu…? Berani mati diaaaa… 😆
    Haha, di Jkt sih udah pasti ya yg matic2 gitu lebih laku. Ampuunnn aku liat lalin di sono. Nightmare! Eh tapiii.. bandung juga ajiibbbb deh macetnya akhir2 ini. Tapi ya teuteupp belom kepikiran ganti yg matic. Belon ada duitnya, kakaaakkk…! 😆

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s