Nelson Mandela

Salah satu tokoh yang luar biasa menurut saya

Image

Meninggal tanggal 5 Desember 2013 pada usia 95 tahun

Sebelumnya, saya sering denger lah tentang Nelson Mandela, bagaimana dia jadi Presiden Afrika Selatan, berjuang menghapus rasisme baik dari kulit putih ke kulit hitam maupun sebaliknya. Tapi ya pengetahuannya cuma sejauh itu.

Suatu hari saat saya magang di Gramedia Magazine, ada DVD original yang diskon, belilah saya sebuah film, ini dia filmnya :

Image

Awalnya saya nggak tahu ini film tentang apa kecuali bahwa film ini based on true story, dibintangi aktor yang saya suka (Morgan Freeman dan Matt Damon), dan tentang Rugby. Oh iya, sulu saya selalu mengira kalo Rugby Football dan American Football itu sama, eh ternyata beda muahahaha (intinya american football itu katanya evolusi rugby, dan kale american football lake baju zirah helm dan pelindung dada, kale rugby football nggak)

Setelah saya tonton, ternyata ini cerita tentang Nelson Mandela yang saat itu baru aja dibebaskan dari penjara dan menang pemilu saat itu. Kondisi saat itu sangat parah khususnya dalam hal perbedaan ras-nya. Negara seolah terpecah belah. Beliau kemudian berfikir bagaimana menyatukan negara yang pecah karena rasisme ini. Rugby jadi jawabannya. Kenapa rugby? silakan tonton sendiri hahahahaa *ga asik banget yah* Intinya, saya jadi tahu sepak terjang Nelson Mandela dan seperti apa sosoknya ya dari film ini.

Image

Salah sati cuplikan foot di akhir film, the real Nelson Mandela and Francois Pienaar. Taken from HERE

Jadi kenapa kok saya iseng nulis tentang ini, gegaranya saya baca Facebook saya dan ada link yang menyebutkan bahwa anak-anak jaman sekarang nggak tau Nelson Mandela. Setelah saya baca, saya ikutan mringis aja, salah satunya yang meringis miris dan meringis kasihan. Ngapain aja ya di pelajaran sejarah? atau pelajarannya yang sudah mengalami Degradasi?

Sampe sekarang saya masih inget loh, setidaknya Nelson Mandela pernah dibahas sebagai Presiden Afrika Selatan meskipun tidak mendalam. Saya kok jadi sedih ya, lebih sedih lagi ketika tokoh besar seperti beliau dijadikan bahan bercandaan. Gak terima Saya hahahahaa *langsung pengen ngasah linggis buat pentungin satu satu*

Trus ada juga donk yang salah mengira Morgan Freeman adalah Nelson Mandela. Ini saya antara pengen ngakak sama pasang muka bego sekaligus deh rasanya. Ya iya sih Morgan Freeman emang Nelson Mandela tapi kan di film, trus kasihan banget yang pak Morgan Freeman masih hidup udah dibilang rest in peace 😀

Kalo mau baca komen pelajar-pelajar sekarang, coba check link ini KLIK

Image

Repose en Paix, Monsieur – Requiescat in Pace Domine

Adieu

10 thoughts on “Nelson Mandela

  1. Aku juga baca tuh yang soal twitter anak2 sekarang ga kenal Nelson Mandela.. gemeeess bacanya.. ckckckck.. Ada yang bilang baru terkenal setelah meninggal lah.. aduuuh deeeek.. ya waktunya dipake buat apa siiih..

    Semoga nanti anak2ku ga se ignorant itu.. 😦

  2. Morgan Freeman memang mirip sm Nelson Mandela kl dilihat sepintas, apalagi ditambah sama peran dia di film jadi dikira orang yg sama. Tapi ya masa iyaa sihh sampe segitu ga ngehnya ya. Hadeehh anak sekolah jaman sekarang.. -_-

Leave a Reply

